Wow! Di Malaysia Ada Klonengan Yamaha Byson


Pin It

Bro dan sis sekalian…..masalah jiplak menjiplak memang sudah menjadi trendsetter pabrikan China. Masih lekat dibenak kita munculnya Honda CBR150 klonengan yang menggebrak pasar tanah air sekitar tahun 2000an dan cukup laris akibat banderol yang jauh lebih murah. Kini yang terbaru kami mendapatkan kiriman gambar dari bro Rus (suwun bro) penampakan kuda besi kembaran FZ16 akan Byson nampang disalah satu dealer negara jiran Malaysia…..

Wow! Di Malaysia Ada Klonengan Yamaha Byson

Berlabel Nimota…detil sikuda besi bak pinang dibelah dua. Mulai dari headlamp, lekuk tanki, ukuran suspensi, handgrip, mudguard, foot step, swing arm, side cover…..wis jian podo plek. Bahkan crankcase engine-pun tidak luput dari bidikan untuk dikloneng. Bedanya hanya sisi batok lampu yang dibekali visor (diIndia varian ini tersedia dengan label FZS) serta absennya logo garputala dibagian shroud. Tidak lupa detil ban, pelk plus shape standart tengah sebagai ciri khas Byson juga dicopy. Asli….jiplaknya super niat nih….

Cetakan dibuat seidentik mungkin agar calon konsumen tertarik untuk meminang. Bahkan dibeberapa kasus…..pernah terjadi konsumen mengira bahwa kuda besi yang diboyong memang racikan merk terkenal. Kejadian ini menimpa potensial buyer yang minim pengetahuan dan terperdaya bujuk rayu sang sales. Kalau sudah begini yang rugi siapa?. Tentunya konsumen dan produsen. Menjadi korban plagiat disisi pabrikan dan disodori produk berkualitas seadanya untuk konsumen. Waladalah….



Last…..telitilah dengan seksama sebelum sampeyan membeli sebuah motor. Jangan karena hanya ingin mendapatkan barang murah kita malah susah dikemudian hari. Dipakai sebulan baut sudah prothol contohnya….lak yo buang duit mzbro. Apalagi IWB pernah denger….mayoritas merek produk China yang bertebaran kadangkala merupakan hasil home industry alias industri rumahan. Wis bisa dibayangkan quality controlnya….pastinya bikin tepuk jidat tenan!!!. Dilalah Malaysian-pun tidak luput dari pengkloneng. Sobek tenan….!! (iwb)

0 comments:

Posting Komentar