5 Misteri Lubang Hitam Yang Muncul Tiba-Tiba di Jagat Raya


Pin It

Konon, misteri lubang hitam yang bertebaran di angkasa lepas dikatakan menyamai konsep kejadian aneh yang terjadi di Segitiga Bermuda, apabila kapal atau kapal terbang yang melintasi kawasan perairan itu raib secara tiba-tiba. Nah, berikut ini 5 misteri lubang hitam yang muncul secara tiba-tiba.

1. Sinar X YangTak Terduga Dari Lubang Hitam Galaksi Cluster A2104
Pada tahun 2000, para astronom mempelajari galaksi cluster A2104 (biru) menemukan sinar-X kuat yang berasal dari lubang hitam di beberapa daerah yang diperkirakan sebelumnya terlalu tua dan tidak memiliki gas untuk menciptakan radiasi tersebut.



Mereka diharapkan untuk menemukan salah satu sumber di daerah trsebut, tapi malah menemukan enam.Penemuan, diperoleh dengan menggunakan Chandra X-ray Observatory, mengubah banyak asumsi ilmuwan yang telah dibuat tentang siklus kehidupan galaksi dan lubang hitam.

2. Lubang Hitam Di Galaksi Klutser Perseus
Pandangan dari wilayah tengah galaksi cluster Perseus, salah satu objek paling masif di alam semesta, menunjukkan efek bahwa lubang hitam supermasif yang relatif kecil tetapi intinya dapat memiliki jutaan mil ke luar.



Para astronom mempelajari foto ini, yang diambil oleh Chandra X-ray Observatory, menetapkan bahwa gelombang suara yang dipancarkan oleh ventilasi peledak di sekitar lubang hitam yang memanaskan daerah sekitarnya dan menghambat pertumbuhan bintang sekitar 300.000 tahun cahaya.

3. Semburan Jet Sinar X Lubang Hitam Quasar Galaksi

Ilustrasi ini di buat berdasarkan orbiting Chandra X-ray Observatory, menunjukkan quasar galaksi dengan partikel jet yang berenergi tinggi dengan panjang lebih dari 100.000 tahun cahaya dari lubang hitam supermasif di pusatnya.



Objek ini terletak 12 miliar tahun cahaya dari Bumi, semburan jet tersebut adalah yang paling jauh yang pernah terdeteksi. Quasar jet ini terbentuk ketika elektron yang dipancarkan dari dampak lubang hitam dengan radiasi latar belakang kosmik yang ditinggalkan oleh big bang,peristiwa ini memberikan petunjuk bagi astronom tentang kondisi di alam semesta awal.

4. Angin Lubang Hitam Di Galaksi NGC 1068
Sebuah gambar x-ray/optical komposit dari galaksi NGC 1068 yang aktif mengungkapkan jembul besar gas panas yang berasal dari lubang hitam supermasif di pusat galaksi.



Para ilmuwan berpikir bentuk dan kecepatan jembul, yang bergerak pada sekitar 1 juta mil per jam (1,6 juta kilometer per jam), disebabkan oleh efek yang menyalurkannya dari sebuah cincin berbentuk donat atau cincin gas dingin dan debu yang mengelilingi lubang hitam.

5. Lubang Hitam Bermassa Menengah Galaksi Messier 74 (M 74)
Para astronom berpikir obyek yang ditunjukkan dalam gambar X-ray Chandra Observatory (dalam kotak) bisa menjadi lubang hitam bermassa menengah yang sulit dipahami.



Terletak sekitar 32 juta tahun cahaya dari Bumi di galaksi Messier 74 (M74), objek ini memancarkan semburan periodik sinar X pada tingkat yang menunjukkan hal itu jauh lebih besar daripada massa lubang hitam bintang tetapi secara signifikan lebih kecil dari lubang hitam supermasif ditemukan di pusat galaksi. Beberapa lubang hitam bermassa menengah seperti ini telah banyak ditemukan,dan para ilmuwan masih bingung bagaimana mereka terbentuk.

0 comments:

Posting Komentar