Kata Ajaib yang Muncul Dalam 31 Bahasa di Dunia


Pin It

Saat traveling ke negara asing, sering terjadi masalah saat berkomunikasi. Ketika tak tahu orang bicara apa, biasanya spontan traveler berucap, "Hah?". Pasti lawan bicara paham, karena 'Hah?' diucapkan dalam 31 bahasa.

Orangtua, guru atau bos kita di kantor mungkin sebal kalau kita menukas, "Hah?" ketika ditanya. Namun rupanya ini adalah bahasa universal yang muncul di banyak negara untuk menunjukan ekspresi ketika tidak mendengar atau memahami situasi.

Orang Indonesia bilang 'Hah?' orang Inggris bilang 'Huh?' dan aneka kata yang sama menyebar dari Ghana sampai Laos, dari Islandia sampai Italia. Semua bermakna sama, luar biasa bukan?

Dilansir dari News.com, Senin (11/11/2013) itulah hasil riset Max Planck Institute for Psycholinguistics di Nijmegen, Belanda. Bahasa Siwu di Ghana, Cha'palaa di Ekuador, Murriny Patha milik Aborigin Australia, bahasa Italia, Spanyol, Belanda bahkan Mandarin, punya kata 'Hah?' untuk maksud dan tujuan yang sama.

Variasi kata dan bunyinya mirip-mirip namun maknanya sama. Total ada 31 bahasa di dunia yang memiliki kata tanya 'Hah?'. Peneliti mengatakan berbagai bangsa di dunia memiliki kata 'Hah?' karena sederhana, cepat diucapkan dan dipahami.

Jadi ketika sedang liburan di pedalaman Amazon dan suku setempat menanyai sesuatu yang tidak dimengerti, Anda tahu apa yang mesti diucapkan. "Hah?"

0 comments:

Posting Komentar