Mandi Sehat Tanpa Sabun


Pin It

irawanwibisono.blogspot.com
Mandi tanpa memakai sabun rasanya seperti keramas tanpa sampo. Padahal, sabun yang umumnya kita gunakan sehari-hari sebenarnya bukan elemen penting untuk membersihkan tubuh.

Menurut Badan Pengawas Makanan dan Obat Amerika Serikat (FDA), seperti dikutip dari laman Live Strong, hampir semua sabun yang beredar di pasaran bukan sepenuhnya sabun, melainkan deterjen. Deterjen yang menjadi bahan utama inilah yang biasanya membuat sabun berbusa.

Sementara yang dimaksud dengan sabun, sebenarnya adalah hasil olahan larutan alkali dan lemak minyak. Sabun yang sehat tak mengandung banyak busa. Sebab, dalam senyawa tertentu, kandungan deterjen pembuat busa justru buruk untuk kesehatan kulit.

Namun, rasanya sulit menemukan sabun tanpa deterjen dewasa ini. Di tengah serbuan produk-produk sabun berdeterjen di pasaran, sesekali cobalah melakukan ritual bersih-bersih badan secara alami tanpa sabun. Ikuti langkah-langkah mandi alami berikut ini.

Langkah 1
Penuhi bak mandi atau bathtup dengan air hangat.

Langkah 2
Gunakan handuk washlap yang telah dicelup ke air hangat untuk menggosok seluruh badan, sama seperti saat menggunakan sabun. Langkah ini penting untuk meluruhkan seluruh kotoran yang menempel di tubuh.

Langkah 3
Taburi handuk washlap dengan sedikit baking soda untuk menggosok daerah yang paling kotor atau berdebu, seperti kaki. Taburan sesendok baking soda juga bisa digunakan untuk campuran air mandi. Menurut Mother Earth News, cara ini berfungsi membersihkan dan menghilangkan bau badan.

Langkah 4
Air dengan taburan baking soda juga bisa digunakan untuk keramas tanpa sampo. Menurut Mother Earth News, kandungan baking soda akan berperan untuk menetralisir kotoran dan minyak di rambut dan kulit kepala.

Langkah 5
Setelah membersihkan seluruh tubuh dengan air campuran baking soda, lakukan bilas dengan air bersih. Cara terbaik adalah melakukan bilas di bawah pancuran hingga merasa bersih.

0 comments:

Posting Komentar