Soal Berbahasa Inggris, Indonesia Lewati Prancis dan Hong Kong


Pin It

Indonesia berada di peringkat 28 dari 63 negara dalam pemeringkatan Indeks Kefasihan Baasa Inggris EF (EF English Proficiency Index). Pemeringkatan ini didasarkan tes oleh Education First atau di Indonesia akrab dengan English First terhadap 750.000 orang dewasa.



Menurut hasil EF, tahun ini Indonesia duduk di peringkat ke-28, dengan kenaikan lebih dari 7 poin dalam tujuh tahun terakhir, mengejar Jepang serta mengalahkan Prancis dan Hong Kong.

Negara-negara teratas dengan kemampuan sangat tinggi adalah Denmark (peringkat 1), Belanda (2), Swedia (3), Finlandia (4), Norwegia (5), Polandia (6), Austria (7).

Di antara negara ASEAN, Indonesia masih kalah dari Malaysia (12) dan Singapura (13), tetapi masih unggul dari Vietnam (33) dan Thailand (48).

Hasil temuan EF, kemampuan bahasa Inggris para dewasa di Indonesia sedang mengalami peningkatan. Setelah tujuh tahun, skor kemampuan Bahasa Inggris telah meningkat 7,96 poin, salah satu peningkatan terbesar di sektor regional. Pria dan wanita di Indonesia memiliki kemampuan bahasa Inggris yang cukup tinggi.

Masyarakat Indonesia mampu berbahasa Inggris lebih baik dibandingkan area yang lain, dan memiliki skor lebih tinggi dari kemampuan global di seluruh kategori usia. Dan seperti banyak yang terjadi di berbagai bagian dunia, ibukota dan kota-kota pariwisata memiliki kemampuan terbaik dalam bahasa Inggris.

Indeks Kefasihan Bahasa Inggris EF (EF EPI) edisi keempat ini menyusun peringkat 63 negara dan wilayah. Untuk menyusun peringkat negara, EF menggunakan data dari hasil tes 750.000 orang dewasa, usia 18 tahun ke atas, yang melakukan tes Bahasa Inggris pada tahun 2013. Untuk melihat negara dan wilayah mana saja yang mengalami peningkatan dan yang mana yang mengalami penurunan, EF juga mencermati kembali hingga tujuh tahun ke belakang, di tahun 2007, yaitu tahun pertama sejak memiliki data EF EPI.

Data terakhir EF seperti rilis yang diterima merdeka.com, Rabu (19/11) menunjukkan bahwa: Di seluruh dunia, kefasihan bahasa Inggris di kalangan orang dewasa meningkat, meskipun kenaikan ini masih belum merata di semua negara dan semua populasi.

Kefasihan bahasa Inggris wanita lebih baik daripada pria di seluruh dunia dan di hampir setiap negara yang disurvei. Kesenjangan kemampuan pria ini cukup signi?kan sehingga memberikan dampak di tempat kerja. Memahami alasan tingkat kompetensi bahasa Inggris pria yang lebih rendah ini merupakan langkah awal dalam mencari solusinya.

0 comments:

Posting Komentar