Pencipta Tokoh Kartun Hello Kitty Jadi Seorang Miliarder


Pin It

Banyak orang pasti kenal dengan Hello Kitty, karakter kucing putih berpita yang tak memiliki mulut. Bentuknya yang lucu membuat Hello Kitty banyak digemari masyarakat luas di seluruh di dunia. Tak heran, jumlah penggemarnya berhasil membuat penemu karakter Hello Kitty menjadi seorang miliarder.



Seperti dilansir dari Financial Post, pendiri Sanrio, perusahaan penjual kartu ucapan bergambar karakter kartun yang berbasis di Tokyo, Jepang, Shintaro Tsuji berhasil menjadi miliarder setelah penjualannya pada Maret lalu menembus 74,25 miliar yen atau setara Rp 10,09 triliun.

Tak hanya itu, penjualan saham Sanrio juga naik dua kali lipat dengan keuntungan lebih dari 38% di bursa saham Nikkei 225 Stock Average dan mencapai nilai tertingginya dalam 52 minggu terakhir.

Sejak memperkenalkan Hello Kitty pada 1974, Tsuji telah merebut hati dan uang para gadis, wanita dewasa bahkan selebriti seperti Lady Gaga dengna melisensi karakter tersebut. Hello Kitty dijual sebagai boneka, mainan, tempelan di pesawat bahkan di tas golf.

"Penjualannya pasti sangat tinggi mengingat Sanrio merupakan usaha waralaba yang paling terkenal di dunia," ujar Director of Reischauer Institute of Japanese Studies Ted Bestor di Harvard University, Cambridge, Massachusetts.

Menurut Bestor, sulit untuk mengalahkan keimutan dan kegemaran terhadap karakter ciptaan Jepang.

Tsuji yang saat ini berusia 85 tahun adalah presiden sekaligus CEO Sanrio. Sementara anaknya Kunihiko yang masih berusia 61 tahun menjabat sebagai kepala operasi perusahaan dan wakil presiden eksekutif senior di perusahaan tersebut.

Miliarder baru yang belum pernah mengukir namanya di deretan orang terkaya dunia mengelola 1,8 juta saham Sanrio secara langsung. Selain itu, sebanyak 18,1 juta saham dikelola bersama Kunihiko dan aset lainnya dikelola bersama sang istri, Yasuko.

Menurut relasinya, Toshifumi Kato, Tsuji belum mau berkomentar apapun tentang kekayaannya.

0 comments:

Posting Komentar