Kisah Cleaning Service Jadi Direktur



Jangan sesekali merendahkan pekerjaan cleaning service. Siapa tahu, pekerja yang senantiasa membantu kebutuhan para pegawai di kantor akan naik status bahkan menjadi pimpinan Anda.



Pesan ini setidaknya disampaikan seorang pemuda Arab Saudi yang telah menunjukkan dedikasinya saat menjadi pekerja tidak terampil, namun mampu mencapai cita-citanya dengan bekerja keras.

Pemuda bernama Mohammad Sharaf memulai karir sebagai pembersih dan pencuci piring di sebuah restoran di tahun 2004. Siapa sangka, 10 tahun kemudian, Sharaf dinobatkan sebagai Manajer Hotel Termuda Tahun Ini di ajang Middle East Hotelier Awards 2014.

Sharaf bahkan mencatatkan sejarah sebagai orang Arab pertama dalam satu dekade terakhir, yang memenangkan penghargaan bergengsi tersebut.

Sharaf mulai menjual cangkir teh di dekat pusat Mekah saat berusia 18 tahun. Pada tahun 2004, ia menjawab iklan pekerjaan dan mendapatkan pekerjaan pertamanya sebagai pelayan restoran di outlet makanan cepat saji. Selain sebagai pelayan, Sharaf juga membersihkan piring dan t*ilet.

"Sementara saya sedang bekerja di sana, saya sering mengunjungi seorang teman yang bekerja di sebuah hotel lokal. Saya suka pekerjaan itu dan mencoba berkali-kali untuk masuk ke sektor itu tapi tidak diterima, karena saya tidak memiliki ijazah sekolah menengah," katanya seperti dikutip Dream dari laman Arabnews, Rabu, 12 November 2014.

Sharaf memberanikan diri untuk membujuk salah satu hotel besar agar menerimanya dan bekerja di sana selama tujuh tahun. Sharaf akhirnya mendapat ijazah sekolah menengah, gelar dari Universitas Raja Abdul Aziz dan ijazah dari American Society for Training and Education.

"Saya melakukan perjalanan selama lima tahun antara Jeddah dan Mekah untuk semua ini dan secara bertahap karier saya menanjak," katanya.

Setelah lulus pada 2010, karier Sharaf terus melesat dan menjadi direktur pemasaran dan penjualan dengan mengawasi lebih dari 14 hotel di Jeddah, Madinah dan Mekah. Dia telah mengunjungi lebih dari 12 negara dan membuat lebih dari 10 kampanye pemasaran di Afrika dan negara-negara Asia.

Pada 2012, ia mendapat penghargaan Best Award for Tourism Sales di Saudi dan penghormatan dari Pangeran Sultan bin Salman, ketua Komisi Saudi untuk Pariwisata dan Purbakala. Pada 2013, Sharaf bergabung dengan Freemont Hotel Group di Clock Tower di Mekah dan mendapat penghargaan di sana.

Selain jadi manajer hotel, Sharaf memberikan banyak sesi pelatihan di perguruan tinggi dan universitas bagi mahasiswa untuk mengembangkan kepribadian dan keahlian mereka.

0 comments: