Tempat Menyelam Paling Berbahaya di Dunia


Pin It



Hobi menyelam dan menantang adrenalin? Sumur Yakub siap menantang Anda. Terletak di Wimberley, Texas, Amerika. Sumur ini menjadi salah satu tempat paling berbahaya di dunia.

Alasannya, tidak sedikit orang yang kehilangan nyawa di dalamnya. Meski begitu, Sumur Yakub tidak pernah sepi pengunjung. Tempat ini tetap menjadi salah satu lokasi wisata yang digemari oleh mereka yang senang menantang adrenalin.


Dilihat dari permukaan, Sumur Yakub merupakan salah satu lokasi wisata yang menarik dan indah. Malah, jauh dari kesan menakutkan. Dengan lebar sumur hanya empat meter dan permukaan airnya yang tenang, tak akan ada yang percaya jika bahaya siap mengintai di dalamnya.

Padahal, sedikitnya lebih dari delapan penyelam pernah meninggal dunia di sumur ini.

Sumur Yakub memiliki empat ruang di dalamnya. Ruang pertama berada pada kedalaman 9 meter dan sinar matahari masih tampak menyinari. Menyelam di ruang pertama, Anda akan melihat berbagai kehidupan bawah air yang indah dengan ganggang-ganggang yang hidup di dalamnya.

Menyelamlah lebih dalam, Anda akan menemukan ruang kedua di kedalaman 80 meter. Di sini, para penyelam harus mulai waspada. Sebab ruang kedua ini seringkali disebut sebagai perangkap oleh para penyelam.

Tahun 1993 silam, seorang mahasiswa dari Southwest Texas State University, Richard Patton, kehilangan nyawanya di ruang ini.


Jika berhasil selamat mencapai kedalaman tersebut, Anda boleh saja mencoba memasuki ruang ketiga yang dipenuhi dengan kerikil dan menjadi pintu masuk ke ruang keempat. Pintu masuknya yang sempit, membuat tak banyak penyelam berhasil memasuki ruang keempat. Itu sebabnya, para penyelam kerap menyebutnya dengan gua perawan.

Korban terakhir yang diketahui meninggal dunia di sumur ini adalah Wayne Wood Russell, seorang pengantar surat dari Austin. Ia adalah seorang penyelam handal dan berpengalaman. Sayang, pengalaman menyelamnya tetap tak membuatnya keluar dalam kondisi hidup dari sumur ini.

"Sumur Yakub adalah inti dari kehidupan, merupakan sumber air selama ribuan tahun. Tapi juga menjadi misteri terbesar, yang merupakan bagian dari mitologi," ujar David Baker, seorang tuan tanah lokal di Wimberley, Texas, yang sekaligus merupakan lokasi tedapatnya Sumur Yakub. Baker menyumbangkan tanahnya tersebut, beserta Sumur Yakub, untuk konservasi.

0 comments:

Posting Komentar