Solo Dihebohkan Temuan Bangunan Mirip Pagoda


Pin It

Warga Mojosongo, Jebres digegerkan dengan penemuan bangunan mirip pagoda diduga peninggalan situs cagar budaya di lingkungan kampus Institut Seni Indonesia (ISI) ring road RT 006/RW 029 Mojosongo, Selasa (18/6/2013).

Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, bangunan mirip pagoda setinggi tujuh meter saat ditemukan kondisinya tertutup semak belukar. Tepat di sekeliling pagoda terdapat dua makam china yang kondisinya sudah memrihatinkan.

http://irawanwibisono.blogspot.com/2014/10/solo-dihebohkan-temuan-bangunan-mirip.html
Bangunan mirip pagoda di Mojosongo, Jebres, Solo, Selasa (18/6/2013).

“Bangunan itu sebenarnya sudah ditemukan lama. Tapi tidak terurus dan terbengkalai,” ujar Lurah Mojosongo Agus Triyono ketika dijumpai, Selasa.

Agus menduga bangunan mirip pagoda telah berusia seratusan tahun. Pihaknya bersama Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) mulai menggarap diduga peninggalan cagar budaya tersebut.

“Kami juga telah melaporkan ke Pemkot. Kami berharap bangunan itu bisa menjadi salah satu objek wisata andalan Mojosongo,” tuturnya.

Ketua Pokdarwis Dody Sudarsono menuturkan tidak tahu mengenai informasi usia bangunan tersebut. Menurutnya bangunan mirip pagoda telah berusia lebih dari 100 tahun. Lokasi bangunan mirip pagoda sampai saat ini masih sering digunakan warga untuk tempat menggembala ternaknya.

“Orang tua dulu sebutnya tugu. Kami berupaya kembali untuk mengangkat bangunan yang diduga cagar budaya sebagai potensi Mojosongo,” katanya.

0 comments:

Posting Komentar