Benteng Tua Yang Dijuluki 'Neraka Dunia'


Pin It


Fort Zverev adalah sebuah benteng tua yang terletak di sebuah pulau buatan di Laut Baltik, sebelah utara dari Kronstadt, Rusia.

Dibangun pada tahun 1870-an oleh insinyur Rusia Konstantin Zverev, benteng tersebut kini ditinggalkan terlantar begitu saja. Benteng tua ini pun kemudian digambarkan sebagai "neraka dunia", karena kondisinya yang sangat mengenaskan.

Dulu, ketika benteng ini masih digunakan, Rusia menyimpan bahan bakar yang mirip dengan napalm (sejenis bom bakar), di ruang bawah tanahnya. Sayangnya, pada tahun 1970, api yang tidak diketahui dari mana datangnya melalap seluruh bagian benteng hingga menyebar ke ruang bawah tanah, yang langsung memicu kebakaran hebat yang tak terkendali.


Photo by English Russia

Saking dahsyatnya, suhu di Fort Zverev mencapai lebih dari 2000 derajat Celcius, yang tentu bisa Anda bayangkan bagaimana panas. Suhu panas itu bahkan membuat dinding dan langit-langit benteng benar-benar meleleh seperti es. Ketika insiden kebakaran itu mereda dan suhu di dalam benteng mulai turun, ruang bawah tanah itu benar-benar tak bisa dikenali lagi.


Photo by English Russia

Dinding benteng yang awalnya halus telah berubah menjadi sebuah gua kasar dengan stalaktit yang menggantung di langit-langit, yang tak terhitung jumlahnya. Tak salah, jika akhirnya benteng ini disebut sebagai neraka dunia.


Photo by English Russia

0 comments:

Posting Komentar