Mau Servis Sepeda Motor? Baca ini dulu



Pernah gak seh lo ketika lagi servis sepeda motor, lo merasa dikibulin ma mekanik nya? Mungkin sparepart ada yang dituker dengan yang second, ganti oli tapi ternyata oli nya gak diganti. Dikibulin suruh ganti ini, itu..  pernah gak? Nah, karena kebetulan gue kemarin habis servis motor nih and ngerasa gue mau dikibulin ama mekanik nya, jadi gue mau berbagi tips nih tentang servis motor, biar lo semua juga gak kena kibul ma mekaniknya..



1. Usahakan setiap kali lo mau servis motor, minimal lo gak bodong banget deh ama yang namanya masalah motor  caranya paling gak minimal lo browsing lah, dan hafalin dikit tuh masalah sparepart motor, lantas sesekali kali ajak bicara tuh mekanik bengkel seputar sparepart yang sekiranya udah lo hafalin fungsi and ke gunaannya. Hal ini biar lo gak keliatan bodong amat dalam hal motor.. *aslinya seh emang bener-bener bodong ye..  * tapi paleng enggak kesannya lo seperti orang yang paham akan motor, jadi agak ragu tuh mekanik kalau seandainya mau membodongi diri mu.

2. Usahakan setiap kali servis motor jangan di tinggal. Kenapa? Bukan nya buruk sangka seh,  akan tetapi antisipasi saja biar selama servis berlangsung spare part motor lo gak dituker ma mekanik nya dengan spare part bekas atau spare part tamiya..



emang ada yang seperti itu? emang bisa? bisa lah... Sayangkan kalau ada bagian daleman mesin yang original (bawaan motor) sampek dituker dengan yg bekas.

3. Usahkan cari tempat servis yang recommended, bukan cuma dari segi pelayanan teknis nya, melainkan dari tata letak tempat ruang tunggunya.  bengkel yang bagus biasanya ruang tunggu pengunjung terletak berhadapan langsung dengan motor-motor yang sedang diservis nya. Hal ini bertujuan agar kita yang sebagai pengunjung bisa langsung memantau mekanik mengerjakan tugas nya pada motor kita. Jangan sampai lo ditipu mau ganti oli, tapi ternyata oli nya gak diganti gara-gara lo selaku pemilik motor gak bisa lihat langsung motor lo..

4. Seandainya ketika lo servis motor dengan kerusakan yang terjadi sekiranya terletak pada mesin bagian dalem, lantas mekanik nya belum sampai bongkar mesin motor punya lo udah langsung ditawarin buat ganti salah satu sparepart nya aje, jangan lo langsung tanggepin iya.. Bilang aja coba bongkar dulu sambil lo pikir-pikir dulu.. Tanyakan juga, kalaupun sampai perlu ada penggantian berapa biaya yang kudu lo keluarin.. Disini lo kudu bisa beracting dengan gaya bermuka melas gak berduid  biar lo gak gampang ditipu and kalaupun mekaniknya mau menipu udah gak tega lihat muka lo yang melas.

5. kalau ada servis motor yang ber embel-embel "25 menit - SELESAI" alangkah baiknya untuk berwaspada, bisa jadi mekanik hanya akan mengejar target dari sang bos saja tanpa memperdulikan tanggung jawab yang sudah di embannya..

6. periksa kembali baut yang sudah mekanik lepas untuk membongkar motor lo.. pastikan casing motor lo udah bener-bener terpasang dengan benar dan rapat.. jadi jangan sampai ketika lo udah keluar dari bengkel yang ada motor lo pada mreteli satu persatu.. emang nya motor lo lego bisa bongkar pasang.

7. Yang terakhir biasakan berdoa sebelum servis motor, dan setelah servis selesai jangan lupa ucapkan TERIMAKASIH pada mekanik and kasir bengkel tersebut.

0 comments: