Rumah Sederhana Ini Ternyata Berisi Harta Karun Dari Abad 17


Pin It



Juru lelang dari Rumah Lelang Charles Hanson yang datang menginspeksi rumah barang lelang begitu terpukau ketika mengetahui rumah tersebut berisi "harta karun" dari abad ke-17. Rumah tersebut ternyata penuh barang-barang antik.



Sang juru lelang bahkan merasa seperti "kembali ke masa lalu". Properti yang berada di dekat Lichfield, Staffordshire, Inggris, ini berisi empat tempat tidur besar, permadani, jam besar, dan boks Alkitab. Semua koleksi luar biasa ini sebelumnya dimiliki oleh sepasang suami istri yang kini telah meninggal.

"Mereka mengumpulkan koleksi dari barang-barang terbaik di abad ke-17 yang pernah saya lihat sepanjang karir saya," kata Hanson, si pemilik Rumah Lelang Charles Hanson.

"Koleksi ini seperti mendapat perawatan dari National Trust atau English Heritage. Kuantitas dan kualitas furniture seperti ini akan menciptakan ketertarikan internasional dan juga daya tarik bagi para kolektor yang ingin memiliki sebagian dari sejarah, dari era romantis dan penuh pergolakan," tambahnya.

Saking banyaknya barang-barang yang terbuat dari kayu oak, Hanson mengatakan, bahwa ia merasa seperti tengah kembali ke periode Raja Charles I. Setidaknya, lanjut dia, ada 180 barang yang akan ditawarkan kepada para pembeli pada proses lelang pada 12 Januari mendatang.

Empat tempat tidur "poster" yang dibuat dari kayu walnut pada sekitar tahun 1620 kira-kira akan terjual dengan harga Rp 15,6 juta hingga Rp 23,5 juta. Selain itu, lemari dari kayu oak yang dibuat sekitar 1580 kemungkinan besar akan terjual antara Rp 4,7 juta hingga Rp 7,8 juta.





Adapun harga yang lebih fantastis ada pada sebuah lukisan yang menggambarkan dua pria muda, anak-anak dari Earl of Susses di tahun 1670. Lukisan tersebut diperkirakan akan terjual dengan harga Rp 78,4 juta.

Barang-barang tersebut rencananya akan dilelang oleh orang-orang Hanson pada rumah lelang mereka di Heage Lane, Etwall di Derbyshire. "Viewing day" sendiri akan diadakan 11 Januari mendatang. Sorenya, rumah lelang tersebut akan menghidangkan jamuan makan dan minum khas abad ke-17.

0 comments:

Posting Komentar