Misteri Monster Laut Raksasa di Youtube Terungkap [Foto + Video]


Pin It

Loading image... 

Bulan lalu, sebuah video ‘makhluk laut misterius’ yang diposting di YouTube memunculkan kegaduhan di dunia maya. Sejumlah spekulasi bermunculan. Ada yang menyebutkan bahwa benda yang direkam video tersebut merupakan ari-ari ikan paus, ada pula yang menduganya sebagai jala ikan. Beberapa pihak lain berpendapat bahwa itu merupakan limbah berupa kantung plastik besar atau bahkan monster laut.

Seperti inilah tampilannya yang tertangkap oleh kamera video:











Sempat dikira pula sebagai Stygiomedusa Gigantea, spesies ubur-ubur yang bisa tumbuh hingga panjang enam meter dan hanya terlihat sebanyak 114 kali dalam 110 tahun terakhir, kini sejumlah pakar telah mengonfirmasikan makhluk tersebut secara pasti. Ternyata ia adalah Deepstaria Enigmatica, spesies ubur-ubur yang juga langka, yang kadang disebut juga dengan ‘lampu lava’ karena caranya bergerak.

“Jelly berbentuk seperti kantung ini bukanlah hewan yang sangat langka, tetapi ia cukup besar dan sangat jarang terlihat,” kata Steven Haddock, peneliti dari Monterey Bay Aquarium Research Institute. “Pada video tersebut, pusaran air dari arah bawah membuat makhluk ini tampak seperti berombak-ombak, dan bahkan sampai terbalik,” ucapnya.

Sepintas, dari tangkapan kamera, makhluk itu tampak seperti kantung plastik yang diselimuti jamur kotor yang hanyut. Dia bergerak dengan cepat sampai-sampai operator kamera tidak berhasil mengikutnya hingga ke kedalaman air. Tetapi kemudian ia kembali ke atas dan berpose di depan kamera selama beberapa menit dan menampakkan bentuk tubuhnya yang tak lazim dari berbagai sisi.

Inilah tampilan videonya:

0 comments:

Posting Komentar